Diterima Jadi Guru PPPK, Banyak Sekolah Swasta Di Magelang Kekurangan Guru

BNews–MAGELANG– Banyak sekolah swasta di Kabupaten Magelang kekurangan guru saat ini. Pasalnya sejumlah guru diterima dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK).

Ketua Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi mengatakan, banyak sekolah di bawah lembaganya kekurangan guru. Hal tersebut lantaran tenaga pengajarnya diterima sebagai Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK).

Sugeng belum mendata total sekolah di bawah lembaganya yang kekurangan guru. Hanya saja, dia menyebut beberapa contoh sekolah yang mengalami hal demikian.

Seperti SD Islam Al Umar Srumbung, di mana dari 23 tenaga pengajar, 13 orang di antaranya diterima sebagai PPPK. Lebih dari separuh guru bakal hengkang ke sekolah negeri.

Tak sekadar guru, bahkan kepala sekolah juga akan meninggalkan sekolah swasta dengan penyebab yang sama, seperti di SMP Maarif Grabag.

“Januari ini sudah mulai PTM (pembelajaran tatap muka), otomatis gurunya jadi kurang. Tidak gampang cari guru yang kompeten, terutama kepala sekolah,” katanya beberapa waktu lalu.

Atas persoalan tersebut, Sugeng menyebut, pihaknya lantas mengeluarkan guru-guru PPPK dari keanggotaan LP Maarif NU Kabupaten Magelang. Pasalnya mereka tidak melapor kepada kepala sekolah atau lembaga ketika mendaftar seleksi PPPK.

Sugeng menilai LP Maarif hanya dijadikan pijakan untuk menghasilkan guru yang cakap. Ketika lembaga telah mendidik dan membiayai mereka demi cakap dalam mengajar, tiba-tiba negara ‘membajak’ mereka dengan mudahnya.

“Kami seolah menjadi ‘pusdiklat partikelir’,” tegasnya.

Sugeng pun berharap pemerintah meninjau kembali kebijakan perekrutan guru PPPK.

Dia mengusulkan, apabila guru yang diambil dari sekolah swasta, penugasannya pun ditempatkan di sekolah swasta.

“Andaikan (guru) mau diambil jangan semuanya. Ini seperti bencana, seperti ‘kiamat’ untuk sekolah macam SD Islam Al Umar Srumbung. Dari 23 guru, yang lolos PPPK 13 orang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: